Film Festival Online

dikunjungi

Sementara Roma, yang akrab disebut sebagai la Città Eterna (“Kota Abadi”), sering dikunjungi karena sejarahnya yang kaya, arsitektur yang memukau, atau masakan terkenal, akhir bulan ini dari tanggal 18 hingga 27 Oktober, pengunjung dapat menikmati Festival Film Roma. Meskipun baru di tahun kedua, telah menarik banyak sponsor swasta, dan Dewan Kota Roma, atas nama Walikota dan penggemar film Walter Veltroni, Provinsi Roma dan Wilayah Lazio semuanya sangat mendukung baik dalam hal komunikasi kelembagaan dan investasi ekonomi.

Judul sebenarnya dari festival dalam bahasa Italia adalah Festa, yang dapat diterjemahkan sebagai pesta, bukan festival, dan sangat tepat, karena itu lebih merupakan perayaan kegembiraan bioskop daripada festival film biasa. Memang, meskipun dewan juri Festival Film Roma memasukkan seorang sutradara terkenal sebagai presidennya, tahun lalu Ettore Scola, 50 juri lainnya bukanlah para profesional film tetapi, pada kenyataannya, para penonton film reguler dipilih baik di Italia dan Eropa Layarkaca21.

Meskipun menikmati persaingan sengit dengan Festival Film Venice, Festival Film Roma telah menarik penontonnya sendiri dan tahun ini akan menjadi tuan rumah pemutaran perdana 11 film baru dunia. Di antara yang paling menarik adalah ‘Youth Without Youth’ – film fitur pertama Francis Ford Coppola dalam satu dekade. Film ini tentang seorang profesor Rumania yang tepat waktu yang menjadi muda kembali setelah terkena petir. Sutradara peraih lima kali Oscar menulis film berdasarkan novella oleh penulis-filsuf Rumania Mircea Eliade dan telah digambarkan sebagai “kebangkitan ketiga” setelah “Apocalypse Now” dan “The Godfather”.

Film Coppola muncul di luar kompetisi, bersama dengan sejumlah film Amerika yang mengeksplorasi iklim politik pasca 11/9. Ini termasuk ‘Lions for Lambs’ karya Robert Redford dan ‘Rendition’ Gavin Hood. Bintang ‘Lions for Lambs’ Tom Cruise dan Meryl Streep dan menceritakan kisah dua tentara yang terluka di belakang garis musuh di Afghanistan dan akibatnya di rumah. ‘Rendition’ adalah tentang seorang wanita Amerika yang berusaha melacak suaminya yang kelahiran Mesir, yang ditahan di pusat penahanan rahasia CIA. Film ini juga dibintangi Meryl Streep, serta Jake Gyllenhaal dan Reese Witherspoon.

Ke-14 film dalam kompetisi untuk penghargaan Marcus Aurelius terbaik untuk Film Terbaik termasuk ‘El Pasado’ (Masa Lalu), dengan aktor Meksiko Gael Garcia Bernal, ‘Li Chun’ (diterjemahkan sebagai ‘And the Spring Comes’) dari China Chang Wei Gu , ‘Barcelona (un mapa)’ (diterjemahkan sebagai ‘Barcelona, ​​Peta’) oleh Ventura Pons dari Spanyol dan ‘La Deuxieme Souffle’ dari Alain Corneau (diterjemahkan sebagai ‘Angin Kedua’), dibintangi oleh Monica Bellucci dan Daniel Auteuil. Penghargaan terpisah untuk Aktris Terbaik dan Aktor Terbaik, serta penghargaan juri khusus, juga akan diberikan.

Selain tarif yang lebih umum, festival ini juga menawarkan bagian khusus untuk produksi dan dokumenter alternatif, film anak-anak, film pertama oleh sutradara baru dan keahlian akting.

Pengunjung yang ingin merasakan Festival Film Roma dapat memanfaatkan penerbangan murah ke dua bandara internasional utama Roma, Bandara Internasional Leonardo da Vinci, yang lebih dikenal sebagai “bandara Fiumicino”, dan Bandara Internasional Ciampino. Dari bandara manapun wisatawan dapat naik kereta atau bus atau mengatur transfer pribadi untuk mencapai tujuan akhir dengan mudah. Hotel di Roma dapat dipesan secara online sebelumnya, yang direkomendasikan, terutama karena popularitas festival. Edisi perdana tahun lalu menarik setengah juta pengunjung dan tahun ini mencari yang teratas.

Andrew Regan adalah penulis lepas online dari Skotlandia. Dia adalah pemain rugby yang tajam dan senang bepergian.

No comments yet

leave a comment

*

*

*